Cara Cek Area Coverage 4G LTE Telkomsel

Tersedianya jaringan seluler 4G LTE yang digelar oleh beberapa operator seluler di tanah air memposisikan Indonesia menjadi sejajar dengan beberapa negara lain yang juga sudah mengusung layanan jaringan generasi keempat ini. Hal ini pun sekaligus sebagai jawaban akan adanya permintaan jaringan mobile broadband dari masyarakat. Setelah XL dan Indosat yang mengkomersilkan layanan 4G-nya kepada para pelanggannya maka kini giliran Telkomsel.
Cara Cek Area Coverage 4G LTE Telkomsel,
4G LTE Telkomsel

Telkomsel belum lama ini mengenalkan layanan 4G LTE yang dijual bagi para pelanggannya di wilayah Jakarta dan pulau Bali. Meskipun sudah bersifat komersial namun tidak setiap area terkover oleh layanan ini. Kawasan di Jakarta yang sudah terkover jaringan generasi keempat ini terdapat di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Telkomsel menempatkan BTS eNode B atau BTS 4G secara outdoor dan indoor yang memiliki high data traffic area. Sedangkan untuk Bali sudah mengkover sebagian besar kota Denpasar dan kota Badung. Ada cara cek Area Coverage 4G LTE Telkomsel secara mudah.

Untuk itu pengguna dapat mengakses website Telkomsel dengan alamat www.telkomsel.com/4g-lte/coverage_area. Di sana area dengan warna merah maksudnya sudah terkover jaringan 4G LTE Telkomsel. Sedangkan yang berwarna putih artinya belum tersedia jaringan 4G LTE. Pelanggan yang akan menjajal jaringan 4G LTE Telkomsel ini tidak lantas bisa menggunakannya meskipun perangkat ponsel miliknya telah support 4G. Karena dibutuhkan kartu perdana tersendiri yang dinamakan uSIM. Kartu perdana itu sendiri dapat diperoleh di sejumlah gerai GraPari Telkomsel yang ada di Jakarta dan Bali secara cuma-cuma.

Jaringan 4G LTE milik Telkomsel ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia di segala sektor, seiring dengan tujuan bangsa Indonesia. Tersedianya kanal 4G LTE untuk Indonesia diharapkan bisa meretas jalan dan makin terbukanya lebih banyak informasi dengan begitu akan bisa mempercepat produktivitas rakyat Indonesia, membangun gaya hidup digital di Indonesia sekaligus menstilmulus terbentuknya masyarakat digital di Indonesia.

Layanan terbaru Telkomsel ini digelar pada frekuensi 900 MHz yang mempunyai lebar pita 5 MHz serta kecepatan akses yang bisa dicapainya maksimal adalah 36 Mbps. Perlu diketahui bahwa frekuensi 900 MHz mempunyai daya pancar yang lebih besar dengan begitu sinyal 4G LTE akan bisa mengkover hingga dalam bangunan atau residensial di kawasan perkotaan dan sanggup mengkover kawasan di luar perkotaan. Tidak sebatas itu saja sebab Telkomsel 4G ini pun seamless dengan jaringan 3G Telkomsel yang sudah ada selama ini, dengan begitu bila pengguna meninggalkan jangkauan jaringan 4G LTE, koneksi tak akan terputus dan dengan sendirinya akan dialihkan ke jaringan 3G.